Analisis Telaah Buku
Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Untuk Siswa SMP Kelas
VIII
- Judul
Buku : Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas
VIII
- Pengarang : Nunung
Nurohmah dan Emah Khuzaemah
- Tebal
Buku : viii + 176 halaman
- Harga
Buku : Rp. 25.000
- Jenis
Buku : Buku Teks
- Penerbit :
PT. SARANA PANCA KARYA NUSA
- Tahun
Terbit : 2011
- ISBN :
978-979-678-378-3
2.
Fisik
Jika dilihat dari fisik buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs
kelas VIII terlihat tidak ada yang cacat. Setelah mengamati segi fisik
yang terlihat pada buku, dapat ditemukan berbagai hal di antaranya sebagai
berikut.
a.
Cover buku
Pada Cover buku, terlihat kurang
menarik. Sebab kontras warna yang kurang cocok, penggunaan gambar
yang minim, gambar yang dipakai hanya gambar seseorang yang sedang membaca
koran dan di bawah gambar terdapat gambar buku yang menurut kami terlalu
memaksakan.
b.
Jenis kertas
Jenis kertas yang digunakan oleh buku ini
kurang bagus, karena kertasnya tipis.
c.
Warna buku
Warna buku yang ada dalam buku menurut
kami kurang menarik. Hanya terdapat dua warna dalam buku, yaitu warna biru
dan hitam.
d.
Lem buku
Lem dalam buku cukup baik, sebab lem
tertempel cukup kuat.
e.
Ukuran buku
Ukuran buku menurut kami cukup baik,
tidak terlalu besar dan kecil. Ukurannya yang berkisar antara : 25 x 18 cm
memudahkan guru/siswa untuk dibawa kemana-mana.
3.
Tujuan
Jika dilihat dari kata pengatar tujuan
penulisan buku sudah baik karena penulis menuliskan tujuan-tujuan dalam
pembelajaran agar dalam pembelajaran bahasa Indonesia lebih mengarah pada upaya
peningkatan kemampuan berbahasa. Tujuan penulisan buku untuk mendukung hal
tersebut, lebih mengarah pada upaya meningkatkan kemampuan berbahasa. Upaya
tersebut dapat berupa, kemampuan mendengarkan dan menulis iklan serta kemampuan
bersastra, misalnya mendengarkan pembacaan kutipan novel atau cepen.
4.
Pendekatan
Sudut pandang dalam penyusunan buku, materi
yang dituliskan disusun berdasarkan Standar Kompetensi Dasar dan disesuaikan
dengan perkembangan zaman serta kebutuhan dalam belajar. Berdasarkan
pengamatan pada buku teks ini, pendekatan yang lebih dominan pada proses
pembelajaran interen. Pada setiap pembelajaran (pelajaran) pada buku teks ini,
setelah pemaparan materi/wacana terdapat dilengkapi dengan latihan dan
kegiatan. Ini bertujuan untuk mengarahkan peserta didik untuk lebih
mendalam dan mengasah kembali materi ajar. Kumudian dilanjutkan
dengan kegiatan pengayaan.
5.
Materi
Materi yang terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Untuk
SMP/MTs Kelas VIII disusun dengan menuliskan Pelajaran disetiap
materi pelajaran.
1.
Mendengarkan
a.
Mendeskrifsikan Tempat atau Arah
b.
Menanggapi Laporan
c.
Menemukan Informasi secara cepat dan tepat
dari Ensiklopedia
d.
Mengidentifikasi Karakter Tokoh Novel Remaja
e.
Mendeskrifsikan Alur Novel Remaja (Asli atau
Terjemahan ) yang Dibacakan
f.
Mendeskrifsikan Alur Cerita, Pelaku dan Latar
Novel.
g.
Mengemukakan Kembali berita
h.
Menemukan Pokok-pokok Berita
2.
Menulis
a.
Menulis Laporan dengan Bahasa yang Baik dan
Benar
b.
Menulis Kreatif Naskah Drama Satu Babak
c.
Menulis Kreatif Naskah Drama
d.
Menulis Petunjuk
e.
Menulis Surat Dinas
f.
Membuat Sinopsis Novel Reamaja Indonesia
g.
Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilihan
kata yang sesuai
h.
Menulis Teks Berita secara Singkat, Padat, dan
Jelas
i.
Menulis Slogan/Poster untuk Berbagai Keperluan
j.
Menulis Puisi Bebas
k.
Menulis Rangkuman Buku Ilmu Pengetahuan
Populer
3.
Membaca
a.
Menganalisis Laporan
b.
Menyimpulkan Isi Suatu
Teks dengan Membaca Cepat 250 Kata Permenit
c.
Bermain Peran sesuai dengan Naskah yang
Ditulis
d.
Mengenali Ciri-ciri Umum Puisi dari Antologi
Puisi
e.
Menemukan Masalah Utama dari Berbagai Berita
yang Bertopik Sama Melalui Membaca Ekstensif
f.
Menjelaskan Unsur Intrinsik dalam
Novel Remaja
g.
Menemukan Informasi untuk Bahan Diskusi
4.
Berbicara
a.
Berwawancara dengan Narasumber dari Berbagai
Kalangan
b.
Menyampaikan Laporan secara Lisan
c.
Menanggapi Unsur Pementasan Drama
d.
Bermain Peran dengan Cara Improvisasi sesuai
dengan Kerangka Naskah yang Ditulis
e.
Menanggapi Unsur Pementasan Drama
f.
Berwawancara dengan Narasumber
g.
Mengevaluasi Pemeran Tokoh dalam Pementasan
Drama
h.
Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan
Penolakan Pendapat dalam Diskusi
i.
Menanggapi Hal yang Menarik dari Kutipan Novel
Remaja
j.
Membacakan Teks Berita
k.
Mengomentari Kutipan Novel Remaja (Asli atau
Terjemahan)
l.
Membacakan Acara dengan Bahasa yang Baik dan
Benar serta Santun
m.
Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan
Penolakan Pendapat dalam Diskusi
6.
Media/Sarana
pembelajaran
Media yang digunakan dalam kegiatan penugasan disesuaikan dengan
materi yang dipelajari atau dibahas. Media atau sarana pembelajaran yang
digunakan oleh buku ini di antaranya sebagai berikut.
1)
Menggunakan
media Surat Dinas (pada kegiatan latihan hal.76
pelajaran 5)
2)
Menggunakan
media Peta Lokasi (pada kegiatan latihan hal. 12 pelajaran 1)
3)
Menggunakan novel
(pada kegiatan latihan hal. 84pelajaran 5)
4)
Menggunakan
buku yang berhubungan Ilmu Pengetahuan Populer (pada kegiatan latihan hal.161 pelajaran 10)
5)
Menngunakan
teks
Drama
(pada kegiatan latihan hal. 55 pelajaran 3)
7.
Evaluasi
Instrument evaluasi yang digunakan buku ini adalah sebagai
berikut.
a.
Pelajaran
1
-
Uji kompetensi
-
Soal Pilihan
Ganda
-
Soal Esai
b.
Pelajaran 2
-
Uji kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
c.
Pelajaran 3
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
d.
Pelajaran 4
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
e.
Pelajaran 5
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
f. Pelajaran 6
-
Uji Kompetensi
-
Soal
Pilihan Ganda
-
Soal Esai
g.
Pelajaran
7
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
h.
Pelajaran 8
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
i. Pelajaran 9
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
j. Pelajaran 10
-
Uji Kompetensi
-
Soal Pilihan Ganda
-
Soal Esai
8.
Bahasa yang digunakan
Dilihat dari segi bahasa dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII, Bahasa yang digunakan cukup baik, tidak
terlalu berbelit-belit dan mudah untuk dipahami serta komunikatif.Buku ini
dilengkapi dengan glosarium yang berguna untuk menjelaskan kosa kata (bahasa
asing/ilmiah) yang cenderung tidak dimengerti oleh peserta didik.
9.
Kesesuaian dengan kurikulum
Dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII sudah
dituliskan pada kata pengantar bahwa materi yang disusun berdasarkan
Standar Kompetensi Dasar dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta
kebutuhan dalam belajar.
No.SK/KD
|
Uraian KD |
Unit
|
%
|
Keterangan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||||
MENDENGARKAN
|
|||||||||||||||
1.
|
1. Memahami
wacana lisan berbentuk laporan
|
||||||||||||||
1.1
|
1.1 Menganalisis
laporan
|
üü
|
2,7
|
Hal. 1
|
|||||||||||
1.2
|
1.2 Menanggapi isi
laporan
|
ü
|
ü
|
2,7
|
Hal. 20
|
||||||||||
5.
|
5. Mengapresiasi pementasan drama
|
||||||||||||||
5.1
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan naskah drama
|
ü
|
ü
|
5
|
Hal. 47&68
|
||||||||||
5.2
|
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
üü
|
2,7
|
Hal. 80
|
|||||||||||
9.
|
9. Memahami isi berita radio/televisi
|
||||||||||||||
9.1
|
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan,
dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
|
ü
|
2,7
|
Hal. 153
|
|||||||||||
9.2
|
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/
televisi
|
ü
|
2,7
|
Hal. 138
|
|||||||||||
13
|
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
||||||||||||||
13.1
|
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan)
yang dibacakan
|
ü
|
2,7
|
Hal. 95
|
|||||||||||
13.2
|
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
yang dibacakan
|
-
|
-
|
||||||||||||
13.3
|
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
ü
|
2,7
|
Hal. 117
|
|||||||||||
BERBICARA
|
|||||||||||||||
2.
|
2. Mengungkap berbagai
informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
|
||||||||||||||
2.1
|
2.1 Berwawancara dengan
narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara
|
ü
|
2,7
|
Hal. 78
|
|||||||||||
2.2
|
2.2 Menyampaikan laporan
secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
ü
|
2,7
|
Hal. 23
|
|||||||||||
6
|
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan
dengan bermain peran
|
||||||||||||||
6.1
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
|
ü
|
2,7
|
Hal. 54
|
|||||||||||
6.2
|
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah
yang ditulis oleh siswa
|
ü
|
2,7
|
Hal. 67
|
|||||||||||
10.
|
10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan
informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
||||||||||||||
10.1
|
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam
diskusi disertai dengan bukti atau alasan
|
ü
|
ü
|
5
|
Hal. 155
|
||||||||||
10.2
|
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
|
ü
|
2,7
|
Hal. 140
|
|||||||||||
14.
|
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui
kegiatan
diskusi
|
||||||||||||||
14.1
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
ü
|
2,7
|
Hal. 132
|
|||||||||||
14.2
|
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja
(asli atau terjemahan)
|
ü
|
2,7
|
Hal. 116
|
|||||||||||
MEMBACA
|
|||||||||||||||
3.
|
3. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
|
||||||||||||||
3.1
|
3.1Menemukan informasi secara cepat dan
tepat dari ensiklopedi/ Buku telepon dengan membaca memindai
|
ü
|
2,7
|
Hal. 62
|
|||||||||||
3.2
|
3.2 Mendeskripsikan tempat
atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera
dalam denah
|
ü
|
2,7
|
Hal. 10
|
|||||||||||
3.3
|
3.3 Menyimpulkan isi
suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
ü
|
2,7
|
Hal. 38
|
|||||||||||
7.
|
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
||||||||||||||
7.1
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
|
ü
|
2,7
|
Hal. 142
|
|||||||||||
7.2
|
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
ü
|
2,7
|
Hal. 82
|
|||||||||||
11.
|
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca
intensif, dan membaca nyaring
|
||||||||||||||
11.1
|
11. 1 Menemukan masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama
melalui membaca ekstensif
|
ü
|
2,7
|
Hal. 110
|
|||||||||||
11.2
|
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusimelalui membaca intensif
|
ü
|
2,7
|
Hal. 157
|
|||||||||||
11.3
|
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi
dan volume suara yang jelas
|
ü
|
2,7
|
Hal. 127
|
|||||||||||
15
|
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
|
||||||||||||||
15.1
|
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel (asli atau
terjemahan)
|
ü
|
2,7
|
Hal. 120
|
|||||||||||
15.2
|
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
ü
|
2,7
|
Hal. 99
|
|||||||||||
MENULIS
|
|||||||||||||||
4.
|
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas,
dan petunjuk
|
||||||||||||||
4.1
|
4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik
dan benar
|
ü
|
2,7
|
Hal. 7
|
|||||||||||
4.2
|
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan
sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
|
ü
|
2,7
|
Hal. 74
|
|||||||||||
4.3
|
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan
yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
ü
|
2,7
|
Hal. 65
|
|||||||||||
8.
|
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif
naskah drama
|
||||||||||||||
8.1
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babakdengan memperhatikan
keaslian ide
|
-
|
-
|
||||||||||||
8.2
|
8.2 Menulis kreatif naskah
drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
ü
|
2,7
|
Hal. 51
|
|||||||||||
12.
|
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita,
slogan/poster
|
||||||||||||||
12.1
|
12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer
|
ü
|
2,7
|
Hal. 159
|
|||||||||||
12.2
|
12.2 Menulis teks berita
secara singkat, padat, dan jelas
|
ü
|
2,7
|
Hal. 113
|
|||||||||||
12.3
|
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan
kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasi
|
ü
|
2,7
|
Hal. 130
|
|||||||||||
16.
|
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
|
||||||||||||||
16.1
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang
sesuai
|
ü
|
2,7
|
Hal. 146
|
|||||||||||
16.2
|
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
ü
|
2,7
|
Hal. 146
|
|||||||||||
Jumlah Persentase
|
99
|
Dari hasil pengamatan, buku ini memiliki jumlah kesesuaian
dengan kurikulum sebesar 99 %
10. Kelebihan
dan kekurangan
a.
Kelebihan dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
1. Di setiap awal materi,
penulis menuliskan indikator yang harus dicapai, sehingga memudahkan untuk
melihat perkembangan sisiwa dalam proses pembelajaran
2. Di setiap pertengahan
materi pembelajaran, penulis menyisipkan / menuliskan Info Bahasa. Info Bahasa
ini bagus untuk siswa untuk memberikan pengetahuan terhadap peserta didik
sekaligus pembaca.
3. Di setiap pembahasan
materi baru penulis memberikan pengetahuan khusus terkait dengan materi yang
dibahas, dengan menuliskan Pengayaan.
4. Setelah itu sebelum ke
dalam uji kompetensi, terdapat Rangkuman materi yang dipelajari pada setiap
babnya dan disertai glosarium sehingga memperjelas pengetahuan siswa
terhadap materi yang telah dibahas.
5. Pada akhir uji
kompetensi terdapat Refleksi, refleksi di sini memberikan pertanyaan kepada
siswa apakah materi yang dibahas mengalami kesulitan atau tidak. Menurut saya
dengan adanya refleksi memberikan nilai tambahan bagi sisiwa karena siswa dapat
bertanya kepada guru mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi, sehingga
terjadi interaksi antar murid dan guru.
b.
Kekurangan dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
1. Di awal buku ini tidak
terdapat kolom SK/KD, yang akan membantu guru dalam menyesuaikan materi
pembelajaran pada setiap kali pertemuan.
2. Buku ini tidak
memiliki warna penuh (full colour). Buku ini hanya terdiri dari 2 jenis
warna, yaitu biru dan hitam. Sehingga buku ini tidak terkesan menarik.
11. Kesimpulan
Buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII ini menurut
kami buku ini layak untuk digunakan, karena di dalam buku ini banyak terdapat
nilai tambahan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar.
Selain itu setelah ditelaah dan dihitung bahwa buku ini sangat layak karena 99% sudah
sesuai dengan kurikulum
0 comments:
Post a Comment