Thursday, October 1, 2015

Juara Bukan Tujuan Utama, tapi Menjadi Juara adalah Hal yang Ingin Dicapai

Filled under: ,

Ajang kompetisi guru adalah salah satu media peningkatan profesionalitas guru.  Banyak ajang kompetisi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatankan profesiolitas guru. Peran aktif pemerintah ini harus disambut gayung bersambung oleh guru. Tidak sedikit dana yang dibutuhkan pemerintah untuk untuk mengadakan kompetisi tersebut. Usaha pemerintah akan sia-sia apabila tujuan tersebut tidak gayung bergayung oleh guru.

Salah satu kompetensi yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi TIK, karena perkembangan TIK yang terlepas dengan perkembagan pendidikan.  Untuk mewujudkan hal tersebeut pemerintah melalui BPTIKP Dinas Pendidikan Jateng mengadakan lomba pengembangan dan pengayaan sumber belajar berbasis, MPI, blog dan web sekolah. Acara tersebut menjadi anggeda rutin yang diadakan setiap tahun.

Pada kompetisi tahun 2015 ini saya mengikuti lomba pengembangan dan pengayaan sumber belajar berbasis MPI dan blog. Alhamdulillah, saya mendapatkan Juara 2 untuk lomba MPI dan peringkat ke- 8 untuk lomba blog guru. Juara bukan tujuan utama saya mengikuti lomba, tapi menjadi juara adalah hal yang akan kami capai. Justru ajang pertemuan antara guru yang menjadi wahana tukar ilmu, pengetahuan, wacana dan karya lebih berharga dari hanya sekedar hadiah.

Penyerahan piala, piagam dan uang pembinaan diserahkan pada tanggal 16 September 2015. Acara penyerahan bertepatan dengan seminar yang dikemas dalam bentuk talkshow. Acara talkshow tersebut dibuat untuk acara rutin di TV Education, yaitu acara jendela eduacation. Talkshow dibagi menjadi empat sesi yang akan ditampilkan empat edisi di TV Edukasi. Silah Anda tunggu dan saksikan episode-episode tersebut di TV Edukasi.

Berikut ini adalah dokumentasi pada acara kegiatan tersebut.








0 comments:

Post a Comment