Sunday, February 20, 2022

TIPS MEMBUAT 3D/AR ASSEMBLR EDU POWERFULL

Filled under:

 Media pembelajaran yang baik adalah media yang mampu mengantarkan tercapainya tujuan pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajarn disini mencakup tercapainya tujuan proses  dan penilaian pembelajaran. Sebagai contoh, guru mendesai mendesain media pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Media yang baik untuk mencapai tujuan tersebut adalah media yang mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan


Contoh lain, guru mendesai media pembelajaran untuk meningkatkan nilai hasil belajar. Maka media yang baik untuk mencapai tujuan tersebut adalah media yang mampu meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Berpijak dari hal diatas, guru saat membuat media pembelajaran harus memperhatikan hal-hal yang mandekatkan pencapaian tujuan. 


Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan guru ketika akan mendesain media pembelajaran ;

  • Siapkan topik sesuia KD yang ingin dicapai

Jangan sampai Anda memusalai membuat media tapi ada topik yang akan dibuat. Jangan sampai memulai sesuatu tanpa perencanaan. Hal ini akan mempengaruhi proses dan  hasil pembuatan produk.

  • Sesuaikan ukuran dan posisi

Pelajaran interaktif sangat bergantung pada visual interaktif. Itu sebabnya Anda perlu mempertimbangkan ukuran dan posisi objek Anda!

Saat Anda membuat, Anda harus memperhatikan desainnya. Jangan membuat objek terlihat terlalu kecil atau besar, tetapi pada saat yang sama, Anda juga harus mengetahui objek atau informasi mana yang ingin Anda soroti.

  • Pilih warna latar yang tepat
Ini mungkin tip yang belum Anda ketahui sebelumnya—tetapi dalam hal memilih warna latar belakang, Anda harus memikirkan warna objek dan teks Anda. Pastikan warna-warna tersebut tidak tumpang tindih, sehingga Anda tetap dapat melihat setiap informasi dengan jelas!
  • Buat beberapa slide
Memasukkan terlalu banyak informasi ke dalam satu slide idealnya bukan cara terbaik untuk mempresentasikan ide Anda. Tapi bagaimana jika Anda memiliki cerita panjang untuk diceritakan? Sebenarnya, Anda bisa mencoba membaginya menjadi beberapa slide!

Untungnya, Assemblr Studio Web memiliki fitur Scene, yang memungkinkan Anda untuk memecah informasi apa pun menjadi beberapa slide dalam satu kreasi!
  • Menyampaikan sisa informasi ke dalam anotasi
Karena pelajaran berbasis AR sangat bergantung pada aspek visual, menempatkan terlalu banyak teks dapat kehilangan tujuan esensialnya. Di sini, Anda perlu memikirkan bagaimana menyajikan deskripsi pelajaran Anda dengan baik.

Jika Anda masih memiliki informasi yang tersisa untuk disajikan, coba masukkan ke dalam anotasi!
  • Manfaatkan fitur On-Tap

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk juga menggunakan fitur On-Tap kami, sehingga Anda dapat menambahkan lebih banyak 'efek wow' ke dalam pelajaran Anda!

Menggunakan Switch Scene dan Open URL, siswa Anda dapat mengklik objek tertentu, dan itu akan mengarahkan mereka ke adegan yang berbeda atau membuka URL di tab baru.

Karena fitur ini menggabungkan elemen interaktivitas, siswa dari kelas mana pun akan sangat menyukai ini!

Dimulai dengan dasar-dasar ini, kami harap Anda dapat mengembangkan keterampilan Anda dan mengembangkan pelajaran interaktif yang jauh lebih baik! Juga, jangan ragu untuk menambahkan rahasia Anda sendiri dan membaginya dengan sesama guru. Selamat merakit

 

0 comments:

Post a Comment