Tuesday, February 15, 2022

TUTORIAL EDITOR KLASIK ASSEMBLR EDU (2) : CARA MENTRANSFORMASI 3D OBJECT

Filled under:

 Pada tutorial editor klasik Assemblr Edu kedua, saya akan membahas cara mentransformasi 3D object di Editor Klasik Assemblr Edu.

Transformasi yang bisa dilakukan pada aplikasi Assemblr Edu ada 3 jenis, yaitu:

  1. Move (menggeser posisi object)
  2. Rotate (memutar object)
  3. Scale (mengubah ukuran object)

Ketiga jenis transformasi ini, bisa diatur berdasarkan sumbu x (kanan/kiri), sumbu y (atas/bawah), dan sumbu z (depan belakang)

Mari kita bahas satu persatu
Pertama, kita masukkan terlebih dulu 3D object yang kita inginkan ke dalam Editor Klasik

Klik menu Transform yang ada di sebelah kiri, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini

Pada bagian kiri, bisa kita lihat dari paling atas ada 3 pengaturan utama transform mode dan 2 lagi di bawahnya pengaturan tambahan. Sedangkan pada bagian kanan kita melihat ada menu untuk select seluruh atau sebagian dari objek yang ingin kita transformasi

Kita akan mulai dari yang paling atas, yaitu Move

Select dulu objek yang ingin kita transformasi move, kemudian pilih menu move di sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini

Disini dapat kita lihat sudah muncul 3 panah berwarna untuk melakukan transformasi move atau perpindahan posisi objek. Panah merah sebagai sumbu x, panah hijau sebagai sumbu y, dan panah biru sebagai sumbu z

Selanjutnya, kita akan mencoba transformasi yang kedua yaitu Scale

Select lagi objek yang ingin kita transformasi scale, kemudian pilih menu scale di sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini


Disini dapat kita lihat sudah muncul 3 panah berwarna untuk melakukan transformasi scale atau mengubah ukuran objek. Panah merah sebagai sumbu x, panah hijau sebagai sumbu y, dan panah biru sebagai sumbu z

Selanjutnya, kita akan mencoba transformasi yang ketiga yaitu Rotate

Select lagi objek yang ingin kita transformasi rotate, kemudian pilih menu rotate di sebelah kiri, maka akan tampil seperti berikut ini


Disini dapat kita lihat sudah muncul 3 panah berwarna untuk melakukan transformasi rotate atau mengubah arah putar objek. Panah merah sebagai sumbu x, panah hijau sebagai sumbu y, dan panah biru sebagai sumbu z

Nah, kamu bisa sesuaikan ya untuk proyek AR yang ingin kamu buat.. selamat mencoba yaa dan nantikan postingan tutorial berikutnya

0 comments:

Post a Comment