Thursday, March 3, 2022

APLIKASI ASSEMBLE EDU UNTUK PENDIDIKAN ANAK-ANAK

Filled under:


Melihat kebelakang beberapa tahin ini,  ada beberapa teknologi imersif  yang berkembang pesat. Bahkan perkembangannya masuk ke ruang kelas. Tapi perkembangan tersebut  masih banyak untuk hiburan. Sebagian kecil pendidik yang  bersemangat untuk menggunakan augmented reality masuk ke kurikulum kelas.


Assemblr  memiliki perangkat dan sumber  perpustakaan augmented  reality khusus untuk pendidikan.  Perangkat khusus  pendidikan tersebut diberi nama Assemblr Edu.  Perangkat Assemblr Edu dipenuhi dengan  asset 3D & 2 D yang berjumlah ribuan. Aset tersebut siap dipakai untuk digunakan mengembangkan proyek media pembelajaran berbasis AR/3D. Kemudahan perangkat dan ketersediaan aset membuat Assemblr Edu banyak diminati oleh pendidik dari penjuru dunia. Walaupu Assemblr Edu masih seumuran jagung, tapi sudah mampu meberikan kontribusi luar biasa dalam teknologi imersif masuk dalam dunia pendidikan.


Saat pendidikan memiilih teknologi imersif yang akan mereka gunakan untuk siswa sekolah dasar, mereka harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ;

  • Keamanan
Faktor keamanan bagia siswa  menjadi pertimbangan penting dalam menentukan alat. Jangan sampai seorang pendidik memilih alat yang tidak diperbolehkan untuk anak-anak. Kalau guru tanpa mempertimbangkan keamanan penggunaan alat, ditakutkan hal tersebut akan mendatangkan hal-hal negatif.  
  • Interface yang mudah
Alat yang digunakan oleh pendidik harus alat yang mudah digunakan oleh guru dan murid seusia  anak-anak. Jangan sampai pemilihan alat tidak memudah siswa dalam belajar, justru kebalikannya. Siswa merasakan kesulitan menggunakan alat tersebut. Akhirnya berakibatnya tidak tercapainya proses dan tujuan pembelajaran
  •  Engagement dan interaksi
Dari berbagai sisi, teknologi imersif mampu memciptakan ketertarikan dan minat siwa dalam belajar. Tapi jangan sampai hanya terjebak pada faktor "wow" dengan teknologi yang baru trend. Bagaimana seorang pendidik mampu memilih alat yang mampu melibatkan dan interaksi siswa dalam pembelajaran. Keterlibatan dan intgeraksi siswa ini akan mempengaruhi terhapa proses dan hasil belajar siswa.
  • Kurikulum
Banyak ditemukan para pendidik yang semangat menggunakan teknologi imersif dalam pembelajaran. Namun, mereka kurang memperhatikan kurikulum dalam menggunakan teknologi tersebut. Seharusnya mereka harus mempertemukan hubungan kurikulum dengan tekbologi imersif untuk mencapai tujuan kurikulum secara efektif.

Kabar baik munculnya platfrom teknologi imersif yang bernama Assemblr. Assemblr mampu menjawab empat hal diatas. Bahkan Assemblr juga memberikan perhatian khusus pada dunia pendidikan. Hal itu diwujudkan dengan produk Assemblr Edu. Berbagai kemudahan diberikan oleh Assemblr Edu untuk para pendidik. Mereka bisa memilih Assemblr Edu sebagai media pengembang media AR/3D dan media pembelajaran di kelas.


Bagi Anda yang ingin berlangganan Assemblr Edu bisa kunjungi website resminya. Atau melalaui saya _distributor resmi_ melalui WA 085229773972.

0 comments:

Post a Comment