Dalam kamus besar Bahasa Indonesia kata menghafal berasal dari kata hafal yang artinya telah masuk ingatan tentang pelajaran atau dapat mengucapkan diluar kepala tanpa melihat buku atau catatan lain. Kemudian mendapat awalan me-menjadi menghafal yang artinya adalah berusaha meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat.
Ada empat langkah yang perlu dilakukan dalam menghafal, yaitu :
- Merefleksi, yakni memperhatikan bahan yang sedang dipelajari, baik dari segi tulisan dan tanda bacanya.
- Mengulang, yaitu membaca dan atau mengikuti berulang-ulang apa yang diucapkan oleh pengajar.
- Meresitasi, yaitu mengulang secara individual guna menunjukkan perolehan hasil belajar tentang apa yang telah dipelajari.
- Retensi, yaitu ingatan yang telah dimiliki mengenai apa yang telah dipelajari yang bersifat permanen.
Kemampuan menghafal kosa kata Bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan membiasakan anak untuk belajar mengucap kosa kata setiap hari dan belajar dengan menggunakanmedia atau metode yang sesuai. Melihat empat langkat di atas, mengulang dan meretasi digunakan untuk meningkatkan kemampuan menghafal dengan bantuan media 3D/AR Assembel Edu.
Adapun media 3D/AR yang saya susun untuk membantu menghafal kosa kata bahasa inggris buah-buahan seperti di bawah ini :
Adapun desain pembelajaran di kelasnya seperti berikut ;
- Kegiatan Menghafal kosa-kata
- Siapkan siswa dengan pena/pensil dan buku / kertas mereka
- Hubungkan TV atau proyektor ke tablet / ponsel pintar Anda sehingga semua orang dapat melihat layer.
- Buka proyek/pelajaran tentang Assemblr Edu Fruit Vocabolary di depan kelas
- Guru mengklik semua gambar 3D, ketika muncul tulisan guru membacanya dengan keras
- Guru mengulangi lagi, tapi siswa sambal menirukan yang apa diucapkan guru.
- Guru mengklik semua gambar 3D, siswa langsung mengucapkan dan guru diam
- Guru mengulangi lagi, tapi diucapkan siswa secara kelompok dengan ditunjuk secara sepontan oleh guru
- Kegiatan Presentasi
- Instruksikan siswa untuk menghafal kosa kata secara mandiri
- Dengan menggunakan media 3D/AR Fruit Vocabolary, siswa mengklik gambar 3D dan mengucapkan dengan keras. Hal ini dilakuka berulang-ulang sampai hafal kosa katanya
- Siswa mempresentasikan hasil hafalanya di depan guru
- Siswa merasa sudah lebih dulu hafal dipersilahkan presentasi di depan
- Siswa yang belum hafal masih tetap menghafal dengan bantuan media 3D/AR Assemblr Edu
- Kegiatan Ujian
- Siapkan siswa dengan pena/pensil dan buku / kertas mereka
- Hubungkan TV atau proyektor ke tablet / ponsel pintar Anda sehingga semua orang dapat melihat layer.
- Buka proyek/pelajaran tentang Assemblr Edu 3D/AR Friut Vocabolary di depan kelas
- Untuk tampilan media yang digunakan ujian tidak muncul kosa kata nama buahnya
- Biarkan siswa mengamati objek 3D yang diklik oleh guru
- Instruksikan mereka menulis jawaban di kertas
Demikian desain pembelajaran menghafal kosa bahasa arab menggunakan bantuan media 3D/AR. Anda bisa mengembangak dengan mempertimban kondisi peserta didik.
0 comments:
Post a Comment