Saturday, March 5, 2022

MENELUSURI JEJAK ASSEMBLR EDU DI GOOGLE SCHOLAR

Filled under:

 Google Scholar adalah salah satu layanan google untuk menelusuri karya ilmiah dengan cakupan yang luas. Bisa untuk menelusuri karya ilmiah berbagai disipilin ilmu dan berbagai sumber : artikel, tesisi, desertasi, dan lain-lain. Pada tulisan ini, saya akan sampaikan hasil telusur Assemblr Edu di Google Scholar. Apakah Assemblr Edu sudah digunakan untuk kajian ilmiah pendidikan. Kalaupun sudah, apakah menggunakan Assemblr Edu akan mempengaruhi pembelajaran. Pada tulisan ini, saya  akan mengambil beberapa karya ilmiah yang berasal dari Indonesia  sebagai contoh.


Setelah melakukan pencarian di google scholar menggunakan kata kunci "Assemblr Edu", ditulis dengan diapit dua tanda petik, maka didapatkan data sebanyak 18 dalam waktu 0,02 detik. Data tersebut bisa dilihat digambar bawah ini .


Dari 18 temuan tersebut, saya akan sampaikan kesimpulan tiga tulisan  ;

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TIGA DIMENSI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) BATU

Adapaun hasil penelitian di atas : Media  pembelajaran  3D  pada  mata  pelajaran  IPA  pada  materi peredaran   darah dapat   dikategorikan   sangat   layak   untuk   digunakan   dalam pembelajaran  di  MTsN  Batu,  berdasarkan  penilaian dan  validasi  dari  ahli  media dan  ahli  materi  serta  peserta  didik  sebagai  pengguna.  Masing-masing  memberi penilaian kategori  sangat  valid  karena  mencapai  presentase  84,44%  sangat  baik dan kategori baik 17,78% dari ahli materi, 100% dari ahli mediadan 99,11%dari peserta  didik. Peserta  didik  banyak  menyampaikan  bahwa  media  3  D  sangat membantu  mereka  dalam  memahami  materi dan  termotivasi  untuk  mencoba  dan belajar. Penilaian  ini  masuk  dalam  kategori    layak  dikembangkan  pada  mata pelajaran IPA di MTsN Batu.

  •  PENERAPAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITYUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 MAKASSAR (Studi  pada  Materi  Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup) 

Adapun hasil penelitian di atas : Motivasi  belajar  peserta  didik  ternyata  dapat  meningkat  dengan  penerapan media  Assemblr EDU berbasis  Augmented Reality karena  menyajikan tampilan  yang interaktif, nyata, dan dapat dilihat dari segala sisi. Augmented Reality memungkinkan peserta didik melihat gambar yang lebih menarik

  • Pengembangan Eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan Penguatan Karakter pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar

Adapun hasil penelitian di atas : Berdasarkan  tahap  penelitian  yang  telah  dilakukan  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  media yang  dikembangkan  memenuhi  aspek  kevalidan,  kepraktisan  dan  keefektifan.  Penilaian  aspek kevalidan  berdasarkan  penilaian  validator  ahli  media  dan  ahli  materi  yang  berada  pada  kriteria valid  dengan  rata-rata3,3.  Penilaian  aspek  kepraktisan  berdasarkan  angket  respon  siswa  berada pada  kriteria  baik  sebesar3,4.Penilaian  aspek  keefektifan  berdasarkan  hasil  tes  siswa  berada pada  kriteria  baik  dengan  rata-rata  74,3.  Skor  rata-rata  yang  dihasilkan  lebih  besar  dari  standar KKM  yang  ditetapkan  sekolahyaitu  65.  Dengan  demikian, bahan  ajar  Eksplorasi  MARyang dikembangkan layak digunakan untuk mata pelajaran matematika.


Dari tiga contoh hasil penelitian di atas dapat di simbulkan bahwa pengembagan media pembelajaran berbasis 3D/AR Assemblr Edu sebagai berikut ;

  1.  Sangat membantu peserta didik memahami materi
  2. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar
  3. Efektif untuk mencapai tujaun belajaran
Kalau melihat tiga sempel telusur jejak Assemblr Edu di google scholar sudah dapat kita simpulkan bahwa Assemblr Edu adalah platfrom yang sangar tepat untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis 3D/AR.

0 comments:

Post a Comment