Google Scholar adalah salah satu layanan google untuk menelusuri karya ilmiah dengan cakupan yang luas. Bisa untuk menelusuri karya ilmiah berbagai disipilin ilmu dan berbagai sumber : artikel, tesisi, desertasi, dan lain-lain. Pada tulisan ini, saya akan sampaikan hasil telusur Assemblr Edu di Google Scholar. Apakah Assemblr Edu sudah digunakan untuk kajian ilmiah pendidikan. Kalaupun sudah, apakah menggunakan Assemblr Edu akan mempengaruhi pembelajaran. Pada tulisan ini, saya akan mengambil beberapa karya ilmiah yang berasal dari Indonesia sebagai contoh.
Setelah melakukan pencarian di google scholar menggunakan kata kunci "Assemblr Edu", ditulis dengan diapit dua tanda petik, maka didapatkan data sebanyak 18 dalam waktu 0,02 detik. Data tersebut bisa dilihat digambar bawah ini .
Dari 18 temuan tersebut, saya akan sampaikan kesimpulan tiga tulisan ;
- PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TIGA DIMENSI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) BATU
Adapaun hasil penelitian di atas : Media pembelajaran 3D pada mata pelajaran IPA pada materi peredaran darah dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di MTsN Batu, berdasarkan penilaian dan validasi dari ahli media dan ahli materi serta peserta didik sebagai pengguna. Masing-masing memberi penilaian kategori sangat valid karena mencapai presentase 84,44% sangat baik dan kategori baik 17,78% dari ahli materi, 100% dari ahli mediadan 99,11%dari peserta didik. Peserta didik banyak menyampaikan bahwa media 3 D sangat membantu mereka dalam memahami materi dan termotivasi untuk mencoba dan belajar. Penilaian ini masuk dalam kategori layak dikembangkan pada mata pelajaran IPA di MTsN Batu.
- PENERAPAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITYUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup)
Adapun hasil penelitian di atas : Motivasi belajar peserta didik ternyata dapat meningkat dengan penerapan media Assemblr EDU berbasis Augmented Reality karena menyajikan tampilan yang interaktif, nyata, dan dapat dilihat dari segala sisi. Augmented Reality memungkinkan peserta didik melihat gambar yang lebih menarik
- Pengembangan Eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan Penguatan Karakter pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar
Adapun hasil penelitian di atas : Berdasarkan tahap penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa media yang dikembangkan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penilaian aspek kevalidan berdasarkan penilaian validator ahli media dan ahli materi yang berada pada kriteria valid dengan rata-rata3,3. Penilaian aspek kepraktisan berdasarkan angket respon siswa berada pada kriteria baik sebesar3,4.Penilaian aspek keefektifan berdasarkan hasil tes siswa berada pada kriteria baik dengan rata-rata 74,3. Skor rata-rata yang dihasilkan lebih besar dari standar KKM yang ditetapkan sekolahyaitu 65. Dengan demikian, bahan ajar Eksplorasi MARyang dikembangkan layak digunakan untuk mata pelajaran matematika.
Dari tiga contoh hasil penelitian di atas dapat di simbulkan bahwa pengembagan media pembelajaran berbasis 3D/AR Assemblr Edu sebagai berikut ;
- Sangat membantu peserta didik memahami materi
- Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar
- Efektif untuk mencapai tujaun belajaran
0 comments:
Post a Comment