Monday, August 26, 2013

Materi: Menuliskan Kembali Isi Berita





Untuk mengawali kegiatan ini, cobalah kamu  kerjakan soal berikut ini!

Susunlah kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks berita yang utuh, lakukan dengan cara mengklik sesuai dengan tempat yang telah disediakan.

Pendahuluan

A.  Deskripsi Materi:
Pernahkah kamu menonton berita atau mendengarkan berita baik dari radio maupun televisi? Tentu sering kan? Untuk apa kamu mendengarkan berita? Tentu saja ada tujuannya. Banyak tujuan mengapa kamu tertarik untuk mendengarkan sebuah berita yang ditayangkan di televisi atau yang  didengarkan dari radio.  Mungkin kamu hanya ingin mengetahui perkembangan berita terakhir  atau hanya ingin memenuhi kesenangan saja. Setelah  mendengarkan berita, tentu tidak semua berita yang kamu dengar dapat diingat kembali secara utuh.  Nah, pada materi ini kita akan mempelajari bagaimana menuliskan  kembali berita yang telah kamu dengar dari rekaman berita.
Kamu tentu telah mengetahui  bahwa mendengarkan adalah salah satu dari empat  keterampilan berbahasa.  Untuk dapat mengetahui apakah berita yang sudah didengar dapat diterima dengan baik, cobalah tuliskan kembali berita yang sudah kamu dengar dengan kalimat sendiri. Untuk mengetahui apakah kalimat berita yang sudah kamu tulis benar atau sesuai, cobalah cocokan dengan rekaman berita yang dapat kamu putar kembali.
Pelajaran kali ini adalah salah satu untuk melatih konsentrasi kamu dalam mendengarkan sesuatu. 



B.    Apersepsi, relevansi, dan motivasi:
Tujuan  dari materi ini  adalah agar kamu  dapat menyimak atau mendengarkan berita dengan baik dan melatih konsentrasi.  Selain itu relevansinya dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajari materi ini, kamu dapat  belajar menjadi penulis atau wartawan.

Panduan Belajar:
A.  Guru:
  1. Memperhatikan kompentesensi dasar yang harus dikuasai siswa.
  2. Mengamati siswa dan memastikan siswa mempelajari modul on line ini secara berurutan dan bertahap pada tiap bagiannya.
  3. Menyiapkan alat tulis, catatlah bagian yang dianggap penting, dan sulit dipahami oleh siswa.
B. Siswa:
     Untuk mempelajari modul online ini kamu harus:
  1. Ikutilah bagian-bagian bahan modul on line ini secara bertahap – berkelanjutan.
  2. Siapkan diri Anda sebagai pembelajar yang mempunyai rasa ingin tahu.
  3. Buatlah catatan-catatan khusus pada buku kamu.
  4. Kerjakan latihan, praktikan tugas yang diminta, dan tes akhir modul (TAM) pada bagian akhir.
  5. Jawablah semua soal pada  TAM  lalu cocokan dengan rambu-rambu yang ada pada materi.
  6. Setelah itu cocokan dengan kunci jawaban.
  7. Jangan cepat-cepat membuka kunci jawaban, jika itu kamu lakukan berarti kamu belum percaya diri.
  8. Jawaban benar yang kamu dapatkan menunjukkan kepada kompetensi yang kamu miliki.
  9. Jika kamu mendapat angka skor 80 berarti kamu hebat.
  10. Jika kamu mendapat skor di bawah 80 silakan berlatih kembali.
Kegiatan Belajar 1: Mendengarkan Berita Olahraga


a.    Tujuan /Indikator :
       Mampu menjelaskan pengertian berita.  
       Mampu menunjukkan bagian  berita yang  penting.
       Mampu menuliskan  isi berita dalam satu alinea.

b.    Uraian :
       Apa yang kamu ketahui tentang berita?  
       
Berita atau warta berarti ‘kabar’.  Menulis berita berarti menulis kabar.   Berita yang ditulis di koran adalah laporan tentang suatu kejadian  penting dan faktual yang dapat menarik perhatian pembaca.
Menurut J.B. Wahyudi, berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru dan dipublikasikan melalui media massa secara periodik. Misalnya, surat kabar, media elektronik (TV dan radio), dan internet.
Dari definisi atau batasan tentang berita itu, ada empat  unsur penting yang harus diperhatikan dalam sebuah berita, yaitu peristiwa atau pendapat penting, menarik, baru, dan dipublikasikan. Sekarang kamu dapat mengetahui bahwa berita adalah laporan kejadian  atau pendapat yang menarik dan penting lalu  disajikan secepat mungkin kepada khalayak luas. Semakin cepat berita itu sampai kepada pembaca atau pendengar maka akan semakin baik. Sebab, masyarakat selalu ingin cepat  mengetahui perkembangan terakhir dari suatu peristiwa. Misalnya, ada peristiwa gempa bumi yang disertai dengan tsunami. Kamu tentu ingin mengetahui wilayah mana saja yang terkena bencana tersebut, berapa orang yang menjadi korban gempa, bagaimana dampak yang ditimbulkan. Apalagi jika peristiwa tersebut juga menimpa sanak saudara. Tentu rasa ingin tahu kamu sangat tinggi.
Berlatih menulis berita dapat dilakukan dengan cara mendengarkan berita yang ditayangkan baik secara audio (radio) maupun audio visual (TV). Setelah kamu mendengarkan berita dari TV atau radio, cobalah menuliskan kembali kalimat-kalimat yang penting menjadi satu paragraf/alinea.
Untuk dapat menulis berita dengan baik, kamu harus dapat mendengarkan berita secara saksama. Perhatikan bagian-bagian penting dari berita yang  disajikan.
Bagian-bagian penting itu dapat meliputi, 5 W+ 1 H, yaitu:
Setelah kamu memahami apa yang menjadi bagian terpenting dari suatu berita. Mari kita berlatih menyimak berita. 
Silakan siapkan kertas dan alat tulismu!

Jawablah pertanyaan berikut pada kertas yang telah kamu siapkan.
1.  Apa topik berita yang kamu dengar?
2.  Di mana  peristiwa itu terjadi ?
3.  Kapan kejadian itu berlangsung?
4.  Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa  tersebut?
5.  Bagaimana urutan kejadian peristiwa itu?

Sudahkah kamu menjawab dengan benar pertanyaan di atas? Jika belum benar, cobalah untuk mencocokkan jawaban dengan cara  klik kembali rekaman  berita tersebut.
Setelah kamu mendengarkan rekaman berita olah raga, sekarang tuliskan isi berita  pada kertas kerja yang telah kamu siapkan. Jika sudah selesai, bersama teman atau guru  mintalah  untuk dinilai.
Untuk mencocokkan jawaban, kamu dapat mengklik  kembali rekaman berita tersebut.


Rangkuman

Rangkuman:
Berita adalah laporan tentang suatu kejadian  penting dan faktual. Berita   dipublikasikan melalui media massa secara periodik. Misalnya, surat kabar, media elektronik (TV dan radio), dan internet. Sebelum menuliskan berita, harus memperhatikan unsur-unsur menulis berita yaitu 5 W +1 H.( apa, di mana, siapa, kapan, mengapa, dan bagaimana). Selain itu, unsur berita kamu dapat menentukan pula bagian yang penting dari berita tersebut. Bagian mana yang akan dipentingkan, misalnya waktu kejadian atau pelaku yang dipentingkan. Setelah mendengarkan rekaman berita maka tuliskan bagian  penting  berita tersebut dalam selembar kertas kerja.
latihan 1

1.    Simaklah rekaman berita olah raga berikut ini!
http://www.youtube.com/watch?v=_mtGqAz3EIs&feature=related

Indonesia 6--0 Timor-Leste (November 21, 2010)

Jawablah soal berikut ini dengan cara mengklik pada tempat  jawaban yang tersedia!

2.    Pertandingan Tim Garuda Merah lawan Garuda Putih.

http://www.youtube.com/watch?v=JmaI0zaZu-U&feature=related


Dengarkan rekaman berita Pertandingan Tim Garuda Merah lawan Garuda Putih. Setelah itu, kerjakan soal berikut!

Susunlah kalimat acak berikut menjadi paragraf yang padu!
Paragraf padu:
Pertandingan untuk ikon sepak bola malang Oleh Ruki Acub Zainal dipersembahkan  di Stadion Gajayana Malang. Garuda Merah telah membuat gol pertama lewat Irfan Bachdim. Tim Putih mencoba  meraih respon tetapi belum berhasil. Hingga turun minum Garuda Putih belum menghasilkan gol. Skor 4-1 untuk Garuda Merah bertahan hingga peluit terakhir dibunyikan.

0 comments:

Post a Comment