PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket | ||
Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | “ Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. “ Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas “ Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | ||
1.2 Mengidentifika-si unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/ melalui rekaman | “ Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) “ Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) “ Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | |||
Berbicara 2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | “ Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton “ Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat “ Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman “ Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas | ||
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | “ Mencatat masalah dari berbagai sumber “ Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku “ Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan “ Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya | |||
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | “ Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat “ Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman | |||
Membaca 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | “ Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit “ Menemukan ide pokok paragraf dalam teks “ Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut | ||
3.2 Mengidentifika-si ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | “ Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf “ Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat “ Mengidentifikasi fakta dan pendapat | |||
Menulis 4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | “ Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif “ Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa “ Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif “ Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD “ Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif | ||
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | “ Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan “ Menyusun kerangka paragraf deskriptif “ Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif “ Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif “ Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman | |||
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | “ Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif “ Menyusun kerangka paragraf ekspositif “ Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif “ Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif “ Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman | |||
Mendengarkan 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung. | 5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | “ Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) “ Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan | ||
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | “ Menyebutkan tema puisi yang didengar “ Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.) “ Menjelaskan maksud puisi “ Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri | |||
Berbicara 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi. | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | “ Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri “ Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan “ Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca. | ||
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | “ Menemukan nilai-nilai dalam cerpen “ Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari “ Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen | |||
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen. | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | “ Membaca puisi dengan “ memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi “ Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi “ Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat | ||
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | “ Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca “ Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | |||
Menulis 8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi. | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | “ Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima “ Membedakan bentuk pantun dan syair “ Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima “ Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman | ||
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | “ Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima “ Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima “ Menyunting puisi baru yang dibuat teman |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 comments:
Post a Comment